Rabu, 17 Februari 2016

Manfaat Oseanografi

  NAMA : SUFRON NUGROHO
NPM : E1I011023
PRODI : ILMU KELAUTAN

SOAL :
1. Apa tujuan, manfaat dan yang dipelajari dalam mata kuliah oseanografi fisika? Jelaskan!
Oseanografi adalah ilmu tentang laut yang merupakan suatu disiplin ilmu yang mencakup segala aspek dari laut, seperti sifat atau keadaan gerakan air laut, keadaan dasar laut, keadaan udara atau atmosfir diatas laut, keadaan unsure-unsur atau senyawa dan proses-proses kimia di laut dan proses kehidupan dilaut. Oseanografi dapat dibagi menjadi 4 kelompok ilmu,yaitu : Fisika oseanografi, Kimia oseanografi, Biologi oseanografi, Geologi oseanografi
 Oseanografi fisika adalah pengetahuan yang mengkaji tentang hubungan antara sifat – sifat fisika yang terjadi dalam lautan itu sendiri dan yang terjadi antara lautan dengan atmosfir dan daratan (Musrifin, 2005).
Ada beberapa alasan mengapa pengetahuan mengenai lautan dikembangkan. Lautan sebagai sumber makanan, sumberdaya alam, dan secara kimia dan energi masih sangat sedikit yang di eksploitasi. Juga perannya yang cukup besar dalam tronsfortasi. Kemudian kapasitas panas yang berlebihan  dari lautan maupun daratan. Demikian pula dengan  halnya dengan pergerakan arus dan gelombang yang terus menerus di sepanjang pantai yang harus dperhitungkan pada saat akan mengadakan pembangunan di wilayah pinggir pantai.
Sumber Reffensi
 1. http://fajarfajrien.blogspot.co.id/2012/12/oseanografi.html
2. http://perie-anugraha.blogspot.co.id/2012/06/laporan-pratikum-oseanografi-fisika.html

0 komentar:

Posting Komentar